Komisi II Minta Bupati Tertibkan HGU Bermasalah

0
143
Hearing DPRD Provinsi Bengkulu, Senin, 10 Oktober 2022, Foto: Dok/Irfan Arief
Hearing DPRD Provinsi Bengkulu, Senin, 10 Oktober 2022, Foto: Dok/Irfan Arief

Kupas News, Kota Bengkulu – Para kepala daerah tingkat II dinilai telah melakukan pembiaran terhadap banyaknya masalah menyangkut perizinan dan Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan perkebunan di sejumlah daerah di Provinsi Bengkulu.

Terkait itu Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu akan melakukan kroscek terhadap bupati-bupati. Kemudian meminta dilakukan evaluasi terkait perizinan perusahaan perkebunan yang bermasalah hingga menimbulkan konflik antara perusahaan dengan masyarakat.

“Konflik agraria ini terkait dengan perizinan, HGU, domain kewenangan HGU inikan adanya di Badan Pertanahan. Yang kedua evaluasi HGU itu sepenuhnya menjadi kewenangan provinsi maka melibatkan para bupati. Tentunya nanti kami akan kroscek kepada para bupati-bupati,” kata Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi saat memimpin Hearing dengan instansi dan lembaga terkait, Senin, (10/10)

Demikian pula dengan Dinas Perkebunan dan Perizinan. Menurut dia, banyak sekali masalah-masalah perizinan yang sebenarnya dibiarkan saja oleh bupati.

“Padahal masyarakatnya sudah teriak-teriak. Harusnya memang harus dievaluasi segera karena izin untuk HGU, penerbitan perizinan masih domain kewenangan pemerintah kabupaten kalau itu terkait agragia khususnya perkebunan,” pungkas dia. (Adv)