Pemerintah Pusat Dukung Pembangunan Pulau Enggano

0
310
Rombongan Kementerian Perhubungan RI saat tiba di Pulau Enggano Provinsi Bengkulu, Sabtu, 14 Januari 2022, Foto: Dok

Kupas News, Bengkulu – Komitmen pemerintah provinsi Bengkulu dalam membangun Bengkulu terus mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat. Salah satunya pembangunan Pulau Engggano dengan memaksimalkan fungsi sebagai Pulau 3T (Tertinggal, Terluar dan Terdepan).

Dukungan tersebut kali ini datangnhya dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Didampingi Sekda Provinsi Bengkulu, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi beserta rombongan, Sabtu, (14/01), melakukan peninjauan langsung ke Pulau Enggano.

Dalam kunjungan itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan untuk terus mendorong pemerintah daerah dalam pengembangan pelabuhan dan bandara yang ada di Pulau Enggano agar pergerakan ekonomi masyarakat maupun distribusi logistik lancar.

“Ini merupakan konsep Bapak Presiden Joko Widodo untuk membangun dengan paradigma Indonesia sentris. Kita ingin Enggano dapat terhubung dengan baik seperti daerah lainnya, seperti yang terus didorong Pemprov Bengkulu bersama Gubernur Rohidin,” ujar Menhub RI.

Menurutnya, keberadaan dua pelabuhan di Pulau Enggano, yakni Pelabuhan Malakoni dan Pelabuhan Penyeberangan Kahyapu, serta satu Bandara Enggano, sudah bisa diakses, baik melalui laut maupun udara.

“Apalagi Enggano ini sudah memiliki dua pelabuhan dan satu bandara udara, tentu ini sudah bisa mengakses distribusi logistik ke Enggano,” jelasnya.

Sementara disampaikan Sekda Hamka Sabri, bahwa kunjungan kerja Menhub terkait dengan percepatan pembangunan di Pulau Enggano. Seperti peningkatan bandara Enggano, Jalan Trans Enggano yang akan terus dibangun hingga selesai. Termasuk pembangunan dan pengembangan pelabuhan.

“Komitmen pemerintah pusat untuk membantu pemerintah daerah membangun Pulau Enggano dapat dilihat dari Kunker Menhub ke pulau terluar Bengkulu ini,” kata Hamka Sabri.

Pemprov Bengkulu, sambung Hamka, optimis bahwa pulau Enggano akan berkembangan maju seiring dengan terbangunnya infrastruktur dasar dan strategis yang sudah dan akan dibangun. Seperti dibangunnya infrastruktur telekomunikasi di Pulau Enggano tahun lalu.

“Kami meyakini dengan infrastruktur yang terbangun dengan baik maka investasi akan masuk dan harapannya masyarakat Enggano bisa menjadi masyarakat yang sejahtera dan mandiri,” jelas Sekda Hamka.

Untuk diketahui bahwa kunjungan kerja Menhub RI ini juga didampingi Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha serta perwakilan Pemprov Bengkulu yakni Sekprov Hamka Sabri dan sejumlah kepala OPD.

Editor: Alfridho Ade Permana