Selasa, Juni 18, 2024

Tahun Ini PMD dan TP PKK Lakukan Sistem Pemberdayaan Langsung

Kupas News, Bengkulu – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Tim Penggerak PKK Provinsi Bengkulu memberikan pelayanan dan pemberdayaan langsung kepada masyarakat dengan melibatkan instansi vertikal.

Kolaborasi lintas sektoral yang digagas TP PKK Provinsi Bengkulu bersama Dinas PMD Provinsi Bengkulu ini, sudah digagas sejak beberapa pekan lalu dengan respon positif dari masyarakat.

“Tahun ini kita ubah sistemnya, kita libatkan seluruh OPD dan instansi terkait di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, untuk bergerak serentak berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Kepala Dinas PMD Provinsi Bengkulu R.A Denni, Kamis (02/03).

R.A Denni memyebut tanpa dukungan semua pihak, PKK sebagai mitra pemerintah akan sulit menjalankan program, diantaranya pencegahan dan penurunan angka stunting serta pengentasan kemiskinan. Apalagi, kata dia anggaran yang ada, PKK hanya cukup untuk menggelar pelatihan.

Husmi Aisyah wanita 65 tahun warga Kota Curup selaku penerima bantuan gerobak motor mengaku senang dan terharu menerima bantuan dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu. Dari bantuan ini Husmi berencana menambah barang dagangannya.

Husmi diketahui menjajakan barang dagangan seperti kue dan sarapan menggunakan kotak plastik berkeliling Kota Curup.

“Kami tak pernah menyangka akan mendapat bantuan. Semoga bantuan ini memberikan berkah kepada yang memberi dan yang menerima,” ujarnya.

Hal sama diutarakan Rosna warga Dusun Danau Kabupaten Lebong. Rosna yang sehari-hari berjualan sayur untuk membantu suami mencari nafkah, sangat bersyukur mendapat bantuan gerobak motor.

Rosna menceritakan, sebelumnya dirinya berdagang sayur menggunakan gerobak kayu yang sudah mulai lapuk. Dengan adanya perhatian dan bantuan dari pemerintah ini, Rosna mengaku tambah semangat dan percaya diri bekerja dan berusaha meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

“Terima kasih sebesar besarnya atas bantuan gerobak jualannya, semoga kami dan kita semua sukses,” sebutnya.

Adapun bantuan yang disalurkan dalam sinergi lintas sektor ini, diantaranya paket makanan tambahan balita dan ibu hamil, paket sembako, bantuan gerobak motor, gerobak dorong, bantuan pemanfaatan perkarangan berupa bibit, pupuk dan peralatan pertanian, bibit buah buahan, tongkat bantu jalan serta pelayanan gerai uji sampel kosmetik dan makanan B-POM.

Editor: Alfridho Ade Permana

Related

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri ...

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS   Tue,...

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman ...

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano Lancar

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano...

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada Seluruh ASN

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada...