Jumat, Mei 24, 2024

Turun Bersawah Serentak Cara Optimal Antisipasi Hama Tikus

illustrasi sawah
illustrasi sawah

kupasbengkulu.com – Memasuki masa panen di Kabupaten Lebong, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) tak henti-hentinya mengingatkan kepada para petani di Kabupaten Lebong agar diharapkan seluruh petani untuk bisa mengoptimalkan turun tanam serentak pada musim tanam kedua ditahun 2014.(baca juga: Padi Beraroma Wangi Terbukti Efektif Redam Serangan Tikus)

Dikatakan Kepala DPKP Lebong, Sumiati, SP menghimbau kepada seluruh petani untuk jauh-jauh hari mempersiapkan diri, salah satunya dengan segera melaksanakan pengolahan lahan pada Juli mendatang.

“Kita benar-benar mengimbau seluruh petani bisa mengoptimalkan turun tanam bisa benar-benar serentak. Karena dengan serentak turun tanam serta sesuai jadwal yang akan diberikan DPKP Lebong, banyak dampak positif yang bakal didapat. Salah satunya meminimalisir serangan hama secara besar-besaran, terutama hama tikus,” kata Sumiati.

Sumiati juga menambahkan, salah satu yang bisa di lakukan untuk mengurangi hama tikus yakni dengan menerapkan pola tanam serentak di seluruh areal persawahan.

“Pola ini memang harus disepakati oleh seluruh masyarakat, kalau penanaman dan panen serentak tidak dilakukan maka otomatis ketersedian makanan untuk tikus akan ada dan ini akan memicu berkembang biaknya hama tikus,” tambah Sumiati. (spi)

Related

Perayaan HUT Rejang Lebong ke-143 Diakhiri Prosesi Adat Pancung Tebu

Kupas News, Rejang Lebong - Prosesi adat Pancung Tebu...

Hari Pertama Kerja, Gubernur Rohidin Berkantor di Rejang Lebong

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat memberikan arahan kepada pegawai...

Polisi Tangkap Pria 43 Tahun Kasus Percobaan Pemerkosaan

Kupas News, Rejang Lebong - Aparat kepolisian berhasil mengamankan...

Patroli Presisi Polres Rejang Lebong Sisir Kawasan Rawan Kiriminalitas

Kupas News, Rejang Lebong – Team Patroli Motor Presisi...

Pemkab Rejang Lebong Hibah Lahan untuk Pembangunan RS Bhayangkara

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Agung saat melakukan penandatangan penyerahan...