Beranda HEADLINE Wow! Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Ini 14 Jam

Wow! Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Ini 14 Jam

0

Siswa Tak Bersepatu

kaur, kupasbengkulu.com – Pendidikan merupakan program yang utama di Kabupaten Kaur sehingga banyak sekolah-sekolah unggulan yang didirikan disana. Namun ada yang berbeda dari sistem pembelajarannya, para siswa belajar selama 14 jam atau hingga pukul 22.00 WIB.

Baca Juga: Sekolah Unggulan di Kaur Larang Siswanya Bersepatu)

Hal ini terdengar sedikit memaksa, karena biasanya di sekolah-sekolah itu anak-anak belajar hanya enam hingga delapan jam.

Dengan waktu yang demikian saja anak-anak mudah bosan dan ingin cepat-cepat pulang. Namun berbeda di sekolah unggulan Kabupaten Kaur, disini anak-anak malah senang belajar hingga malam.

Salah satunya sekolah di SMAN 10 Pentagon, di sekolah ini jadwal masuk siswa/siswi itu dari pukul 08.00.WIB hingga pukul 12.00 wib, istirahat makan dan salat hingga pukul 14.00 wib.

Dari pukul 14.00 siswa/siswi masuk kembali untuk mengikuti pelajaran ekskul, hingga pukul 18.00.WIB, Istirahat mandi salat dan makan, hingga pukul 20.00 siswa/siswi kembali masuk untuk mengikuti pelajaran agama, layaknya pesantren sampai pukul 22.00 wib, selanjutnya jadwal tidur siswa.

Kepala SMAN 10 Pentagon, Yeye Henri mengatakan, bahwa siswa/siswi sudah terbiasa dengan sistem belajar seperti itu.

“Mereka sudah terbiasa dengan jadwal seperti itu setiap harinya, jadi tidak capek lagi, bahkan senang. Karena disini mereka juga disaat ekskul bisa menerapkan atau mempraktekan berbagai pengetahuan mereka seperti keterampilan memproduksi jamur tiram, sirup, minuman nata de coco, sabun batang, dan berbagai keterampilan lainnya seperti dibidang nano tehcnologi, bio technologi, robotik dan energi terbarukan,” ujar Yeye Hendri beberapa waktu lalu.

Salah satu siswa yang berasal dari Provinsi Lampung, Novi Amla Damaiyanti Kls 11 IPA Alfa mengatakan, bahwa mereka senang bejar di sekolah tersebut meski 14 jam.

Dalam pembelajaran tidak terlalu membosankan karena setiap harinya ada ekskul-ekskul yang berbeda, sehingga tidak terasa waktu 14 jam tersebut.

“Tidak membosankan, karena disini ada empat ekskul unggulan yaitu nano tehcnologi, bio tehcnologi, robotik, dan energi terbarukan, yang setiap minggunya pakar-pakar dari setiap bidang ekskul itu datang ke sekolah ini dan memberikan pengetahuan yang lebih dan kami sangat senang,” Novi singkat di tengah kegiatan ekskulnya.(mty)