Beranda DAERAH Rejang Lebong 204 Ekor Sapi Bunting di Rejang Lebong dapat Bantuan Pemerintah

204 Ekor Sapi Bunting di Rejang Lebong dapat Bantuan Pemerintah

0
Ilustrasi : Istimewa
Ilustrasi : Istimewa

kupasbengkulu.com – Dinas Peternakan (Disnakan) Kabupaten Rejang Lebong tahun 2014 ini menyalurkan bantuan kepada 204 ekor sapi bunting yang ada di Kelompok Tani Rejang Lebong. Ini merupakan salah satu bantuan yang diberikan pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 360 juta yang dikucurkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bengkulu. Hal ini dikemukakan Kepala Disnakan Kabupaten Rejang Lebong, Amrul Eby melalui Kabid Peternakan, Hendra.

Pemberian bantuan ini, jelas dia, direncanakan akan disalurkan dalam 2 tahap kepada pemilik ternak yang memiliki sapi bunting. Tujuan dari program ini, agar populasi sapi di Kabupaten Rejang Lebong terus berkembang.

“Pengajuannya telah kita ajukan ke Provinsi, saat ini kita tengah melakukan pendataan tingkat kelompok tani dan peternak, untuk mengecek mana-mana sapi mereka yang tengah bunting, pemberian bantuan sendiri berkisar Rp 1 juta, yang akan diberi 2 tahap yaitu pada saat bunting, dan pada saat kelahiran,” kata Hendra (kamis 27/3/2014).

Dijelaskan hendra, anggaran senilai Rp 360 juta tersebut, selain bantuan untuk sapi yang tengah bunting, juga akan diberikan kepada kelompok tani untuk perluasan lahan penanaman pakan ternak, yakni senilai Rp 7 juta.

“Untuk perluasan lahan pakan ternak, satu hektar akan diberikan senilai Rp 7 juta guna pembukaan lahan yang akan dijadikan penanaman pakan ternak,” tandasnya. (one)