Selasa, April 30, 2024

Profesi Arsitek Wajib Miliki Sertifikasi STRA

Kupas News, Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah hadiri dan membuka secara langsung Musyawarah Provinsi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Provinsi Bengkulu, di Hotel Mercure Bengkulu, Selasa (29/03).

Pada sambutannya, Gubernur Rohidin mengungkapkan bahwa sertifikasi menjadi sebuah keharusan setiap profesi . Agar keahlian memiliki legalitas secara hukum dan diakui oleh negara dan masyarakat secara luas. Salah satunya terhadap profesi arsitek yang berperan penting dalam pembangunan dan penataan wilayah.

“Ini penting supaya bisa betul-betul dipertanggungjawabkan keprofesiannya itu. Nanti akan kita keluarkan bagaimana mekanisme dan regulasi yang menjadi dasarnya,” jelas Gubernur Rohidin.

Terkait sertifikasi tersebut, ditambahkan Rohidin, nantinya akan ada rekomendasi dari IAI selaku organisasi profesi, baru nanti diterbitkan sertifikasi melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Bengkulu.

Selain itu, Gubernur Rohidin juga meminta IAI Bengkulu dan anggotanya terus berkontribusi aktif dalam pembangunan dan penataan lingkungan, terutama terhadap kompleks perumahan yang saat ini menjamur khususnya di wilayah Kota Bengkulu. Ini mengingat pesatnya pembangunan perumahan bersubsidi saat ini.

“Jadi ini kita minta perhatikan betul terutama pada daerah resapan air. Juga termasuk didesain betul tata letak perumahan, sistem drainase dan jalan. Sehingga tertata wilayah kota Bengkulu,” pungkasnya.

Sementara, Ketua IAI Provinsi Bengkulu Nirmawan, sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2017 tentang Arsitek, BNPT Nomor 15 Tahun 2021, keprofesian sudah harus memiliki Surat Tanda Registrasi Arsitek (STRA) dan sudah harus mendapat lisensi dari pemerintah daerah.

“Karena arsitek dalam menjalankan tugasnya memang harus punya lisensi, namun karena keterbatasan kita, sementara ini baru terdapat 9 Arsitek di Bengkulu yang ber-STRA dan 25 orang bersertifikat IAI dari jumlah anggota IAI Provinsi Bengkulu yang terdaftar sebanyak 60 orang. Kami juga berterima kasih kepada Gubernur Bengkulu yang telah mendorong sertifikasi arsitek Bengkulu,” terangnya.

Diketahui IAI merupakan anggota dari The International Union of Architects (Union Internationale de Architectes – UIA), Architects Regional Council ASIA (ARCASIA) dan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi.

Reporter: Adhika Kusuma

Related

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS   Tue,...

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri ...

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman ...

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano Lancar

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano...

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada Seluruh ASN

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada...