Sabtu, Mei 28, 2022

Bengkulu Masuk 10 Besar Nasional Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Baca selanjutnya

Kupas News, Bengkulu – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu berhasil mendapatkan predikat Baik dengan perolehan nilai 2,79 di atas Provinsi Jawa Tengah yang mendapatkan nilai 2,74 berdasarkan hasil evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau lebih dikenal E-Government oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) RI.

Atas prestasi terbaik ini, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, di era saat pengelolaan organisasi khusus pemerintahan berbasis elektronik atau digital menjadi keharusan karena tuntutan eranya sekarang, apalagi pasca Covid-19.

“Tentu prestasi ini harus kita tingkatkan, karena ketika pemerintah dikelola berbasis elektronik, maka dipastikan akan muncul kemudahan, kecepatan termasuk dari sisi biaya akan lebih efisien serta transparansi dan akuntabilitasnya juga akan bisa lebih dipertanggungjawabkan,” kata Rohidin, di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Kamis (27/01).

Untuk itu lanjut Rohidin, ke depan pemerintahan di Bengkulu baik Pemprov Bengkulu maupun Pemda Kabupaten-Kota bisa meningkatkan infrastrukturnya agar bisa membangun e-government yang betul-betul baik dan optimal.

Sekaligus tentunya kesiapan SDM yang harus betul-betul terlatih dan terampil dalam bidang ini.

“Maka dibutuhkan komitmen kita bersama untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan pemerintahan Pemprov Bengkulu dan kabupaten-kota yang ada di Bengkulu, agar bisa menerapkan pengelolaan pemerintahan yang berbasis elektronik karena ini sebuah keniscayaan yang tentu kita harus masuk kedalamnya,” pungkasnya.

Selain berhasil masuk 10 besar nasional, Provinsi Bengkulu juga bertengger nomor 2 di Pulau Sumatera atas hasil E-Government oleh KemenpanRB ini dengan predikat baik.

Diketahui 3 Kabupaten di Bengkulu yaitu Kabupaten Bengkulu Selatan, Rejang Lebong dan Kepahiang mendapatkan predikat cukup.

Sementara Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Lebong, Bengkulu Utara, Mukomuko, Seluma dan Kabupaten Kaur masih pada predikat kurang.

Editor: Alfridho Ade Permana

Batal Tata DDTS, Dispar Kota Tetap Lakukan Pembinaan

Kupas News, Kota Bengkulu - Kendati batal menata kawasan wisata Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) karena terkendala beberapa peraturan. Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui...

Gubernur Rohidin Lantik Pj Bupati Bengkulu Tengah

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Rabu, (25/5) secara resmi melantik Heryandi Roni sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bengkulu Tengah (Benteng), di Balai...

Disdukcapil Dukung Program Penyederhanaan Administrasi Berbasis Data Kependudukan

Kupas News, Kota Bengkulu – Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan tengah mengupayakan wacana pemberlakuan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam KTP menjadi Nomor Pokok Wajib...

Dahri Iskandar: Jangan Tunggangi Kepentingan Politik Soal Pembebasan 40 Petani

Kupas News, Mukomuko – Kapolres Mukomuko membebaskan 40 orang tersangka dalam kasus pencurian kelapa sawit milik PT Daria Dharma Pratama (DDP). Penyelesaian kasus ini...

Gandeng Bank Bengkulu, BPKD Launching Aplikasi e-Retribusi

Kupas News, Bengkulu – Bekerjasama dengan Bank Bengkulu, Badan Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu, Selasa, secara resmi melakukan launching Aplikasi e-Retribusi...

Terbaru