Sabtu, Mei 28, 2022

Bengkulu Raih Penghargaan Pertumbuhan Kreatifitas dan Kekayaan Intelektual

Baca selanjutnya

Kupas News, Sumatera Utara – Roving Seminar Kekayaan Intelektual Pertama se Pulau Sumatera di Hotel JW Marriot Medan, Sumatera Utara, Rabu, (13/4). Pemerintah Provinsi Bengkulu raih penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebagai provinsi yang memacu pertumbuhan kreatifitas dan inovasi kekayaan intelektual (KI) di daerah.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly kepada Gubernur Bengkulu yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu Khairil Anwar.

Menkumham Yasonna mengatakan masyarakat Indonesia perlu menerapkan 4 (empat) pilar utama KI agar dapat menopang perekonomian negara. Pertama, penciptaan KI. Kedua, perolehan atau pelindungan KI. Ketiga, penegakkan hukum, serta komersialisasi KI.

“Ekosistem KI merupakan siklus perputaran ekonomi yang digerakkan oleh inovasi dan kreativitas yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi nasional,” tutur Yasonna.

Kendati demikian Yasonna meminta kepada seluruh pemangku kepentingan dari sektor pemerintah dan privat, baik di pusat maupun di daerah untuk saling bersinergi memanfaatkan sistem KI  nasional agar dapat mendukung pemulihan dan pembangunan ekonomi nasional.

“Kegiatan Roving Seminar Kekayaan Intelektual ini dapat menjadi langkah awal komitmen bagi para pimpinan daerah untuk mendorong masyarakat di wilayahnya peduli terhadap KI,” kata Yasona.

Sementara, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu Khairil Anwar mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, Gubernur Bengkulu dalam hal ini pemprov Bengkulu terus mendorong pelaku usaha baik secara individu dan komunal dalam mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual.

“Alhamdulillah provinsi Bengkulu saat ini sudah cukup banyak yang terdaftar,” jelas Khairil.

Kata Khairil, Pemprov Bengkulu berhasil mendorong terdaftarnya Indikasi Geografis (IG) pada komoditas unggulan kopi provinsi Bengkulu. Yaitu Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Rejang Lebong.

“Sehingga saat ini, klon kopi Robusta yang dikenal dengan sebutan SINTARO (Sindang Dataran Robusta) di wilayah IG Kepahiang dan Rejang Lebong sudah paten. Dan memang diakui dari sisi cita rasa dan memiliki keunikan tersendiri. Karena jenis Robusta ini mampu hidup di ketinggian di atas 1.000 mdpl,” sebut Khairil.

Menurutnya, untuk sementara kerajinan dan ekonomi kreatif lainnya sedang dipacu dan ada beberapa yang sudah dalam proses pengajuan.

“Jadi atas penghargaan ini. Tentunya menjadi penyemangat pemerintah Bengkulu untuk terus meningkatkan inovasi menambah nilai jual barang yang dimiliki daerah bahkan bisa diakui dunia dikemudian hari,” harapnya.

Turut mendampingi Kepala kanwil Kemenkum dan HAM dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kanwil Kum HAM Provinsi Bengkulu.

Kegiatan ini merupakan pertama digelar yang dihadiri oleh seluruh Gubernur, Pimpinan Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian dan Pengembangan dari seluruh provinsi di Pulau Sumatera serta jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

Editor: Irfan Arief

Batal Tata DDTS, Dispar Kota Tetap Lakukan Pembinaan

Kupas News, Kota Bengkulu - Kendati batal menata kawasan wisata Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) karena terkendala beberapa peraturan. Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui...

Gubernur Rohidin Lantik Pj Bupati Bengkulu Tengah

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Rabu, (25/5) secara resmi melantik Heryandi Roni sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bengkulu Tengah (Benteng), di Balai...

Disdukcapil Dukung Program Penyederhanaan Administrasi Berbasis Data Kependudukan

Kupas News, Kota Bengkulu – Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan tengah mengupayakan wacana pemberlakuan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam KTP menjadi Nomor Pokok Wajib...

Dahri Iskandar: Jangan Tunggangi Kepentingan Politik Soal Pembebasan 40 Petani

Kupas News, Mukomuko – Kapolres Mukomuko membebaskan 40 orang tersangka dalam kasus pencurian kelapa sawit milik PT Daria Dharma Pratama (DDP). Penyelesaian kasus ini...

Gandeng Bank Bengkulu, BPKD Launching Aplikasi e-Retribusi

Kupas News, Bengkulu – Bekerjasama dengan Bank Bengkulu, Badan Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu, Selasa, secara resmi melakukan launching Aplikasi e-Retribusi...

Terbaru