Jumat, Mei 24, 2024

Berwisata dan Berobat ke Suban Air Panas, Asyik!

suban
Wisatawan domestik asal Kota Bengkulu dan Bengkulu Tengah tengah berfoto di pintu masuk Air Panas Suban, Kabupaten Rejang Lebong.

Travelling, kupasbengkulu.com – Mungkin sebagian masyarakat Provinsi Bengkulu khususnya dan Kabupaten Rejang Lebong umumnya, telah mengetahui keberadaan obyek wisata air panas Suban, yang selama ini telah menjadi kebanggaan masyarakat kabupaten yang bermotto, IDAMAN (Indah, Sejuk dan Aman) ini.

Nah, wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Rejang Lebong, tidak akan lengkap bila belum mengunjungi pemandian air panas Suban. Obyek wisata yang ditawarkan disini sesuai dengan namanya, yaitu sumber air panas atau hot spring yang mengandung belerang alami.

Obyek wisata alam yang cukup menarik ini terletak, di Desa Cawang Baru Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Untuk menuju Suban Air Panas tidaklah sulit, karena letaknya hanya berjarak sekitar dua kilometer dari jalan negara dan enam kilomter dari pusat Kota Curup.

Bila wisatawan memulai dari Kota Bengkulu, mesti menempuh perjalanan sekitar 90 kilometer, dengan memakan waktu lebih kurang 2,5 jam. Setiba di lokasi, pengelola telah menyediakan lokasi pemarkiran kendaraan. Setelah tiab di lokasi, pelancong akan dikenakan biaya masuk, yang telah dijaga pengelola obyek wisata.

Pemandian Suban sering dimanfaatkan pengunjung untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit atau sekedar berendam menghilangkan penat tubuh. Letaknya yang strategis dekat dengan
pusat kota menjadikan tempat ini, begitu populer di kalangan wisatawan domestik.

kolam
Kolam pemandian di areal Suban Air Panas.

Di lokasi ini terdapat kolam-kolam pemandian air panas. Di sana pengunjung bebas berendam sepuasnya, yang mana di lokasi itu terdapat kolam renang, yang berdampingan dari lokasi
pemandian air panas.

Untuk kolam renang ini terbagi dua, untuk anak-anak sedalam 70 cm dan untuk orang dewasa sedalam 2 m. Tidak jauh dari kolam renang yang luas ini, terdapat 3 buah kolam kecil yang berisi air panas alami.

Bentuk kolamnya memang sederhana, tetapi alam yang ada di sekitarnya sangat asri bersanding dengan tebing-tebing yang ditumbuhi pepohonan. Dengan adanya perpaduan ini, suasana di
kolam Suban sangat alami.

Untuk menikmati air panas dan berenang di kolam, sejumlah warga setempat juga telah menyediakan jasa penyewaan, berupa celana ganti. Baik untuk kaum perempuan maupun kaum pria. Tidak hanya itu, di lokasi itu juga terdapat penyewaan pelampung, yang terbuat dari ban dalam mobil ukuran besar serta pelampung mini untuk anak dibawah umur.

”Air panas yang ada di kolam ini panas sekali, kalau berendam di sini katanya bisa mengobati penyakit kulit,” kata salah seorang wisatawan domestik asal Bengkulu Tengah, Rizal didampingi
Dian wisawatan asal Kota Bengkulu.

Ia menambahkan, air panas di kolam itu bisa dibilang tidak terlalu panas, sehingga membuat kita betah untuk berlama-lama berendam.

”Berendam di dalam kolam air panas sungguh memberikan relaksasi yang luar biasa. Setelah berendam tubuh kita serasa segar kembali, letih dan capek pun hilang seketika,” sambung Rizal
dengan nada kagum.

Konon, air panas alami ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit, pegal linu, dan rematik.

Penulis : Demon Fajrie, Kabupaten Rejang Lebong.

Related

Perayaan HUT Rejang Lebong ke-143 Diakhiri Prosesi Adat Pancung Tebu

Kupas News, Rejang Lebong - Prosesi adat Pancung Tebu...

Hari Pertama Kerja, Gubernur Rohidin Berkantor di Rejang Lebong

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat memberikan arahan kepada pegawai...

Polisi Tangkap Pria 43 Tahun Kasus Percobaan Pemerkosaan

Kupas News, Rejang Lebong - Aparat kepolisian berhasil mengamankan...

Patroli Presisi Polres Rejang Lebong Sisir Kawasan Rawan Kiriminalitas

Kupas News, Rejang Lebong – Team Patroli Motor Presisi...

Pemkab Rejang Lebong Hibah Lahan untuk Pembangunan RS Bhayangkara

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Agung saat melakukan penandatangan penyerahan...