Selasa, Mei 28, 2024

Kecamatan di Lebong Ini dapat Dana ADD Lebih Besar

Lebong, kupasbengkulu.com – Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Lebong mengingatkan kepada Pemerintah Desa, untuk mengoptimalkan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Bukan tanpa sebab, pencapaian target PBB yang dibebankan kepada pemerintah desa jelas akan berpengaruh pada besaran alokasi ADD mereka pada tahun anggaran berikutnya.

“Dalam APBD tahun 2015, ADD berkisar Rp 8 miliar ditambah lagi dana desa yang akan disalurkan berdasarkan amanat Undang Undang Nomor 06 Tahun 2014 tentang desa, yakni Rp 6 miliar lebih dari APBN pusat,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPPKB) Kabupaten Lebong, Syahroni.

Ia menambahkan, ada empat dasar yang menjadi kriteria sebagai acuan dalam penghitungan besaran ADD yang akan diterima desa. Diantaranya jumlah penduduk, jumlah masyarakat miskin, tingkat kesehatan serta keterjangkauan dari ibu kota kabupaten. Sementara kriteria tambahan, adalah capaian PBB tahun anggaran sebelumnya.

“Seperti desa yang ada di Kecamatan Topos, Rimbo Pengadang dan kecamatan terjauh lainnya kemungkinan besaran ADD nya akan lebih besar dari desa yang terdekat dengan pusat kabupaten,” tutup Syahroni.(spi)

Related

Perayaan HUT Rejang Lebong ke-143 Diakhiri Prosesi Adat Pancung Tebu

Kupas News, Rejang Lebong - Prosesi adat Pancung Tebu...

Hari Pertama Kerja, Gubernur Rohidin Berkantor di Rejang Lebong

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat memberikan arahan kepada pegawai...

Polisi Tangkap Pria 43 Tahun Kasus Percobaan Pemerkosaan

Kupas News, Rejang Lebong - Aparat kepolisian berhasil mengamankan...

Patroli Presisi Polres Rejang Lebong Sisir Kawasan Rawan Kiriminalitas

Kupas News, Rejang Lebong – Team Patroli Motor Presisi...

Pemkab Rejang Lebong Hibah Lahan untuk Pembangunan RS Bhayangkara

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Agung saat melakukan penandatangan penyerahan...