oleh

Pascabanjir, Dinkes Lebong Dirikan Posko Anti DBD dan Diare

kupasbengkulu.com, Lebong – Korban bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Lebong kemarin (Senin, 8/2/2016) saat ini terancam oleh berbagai penyakit yang ditimbulkan akibat banjir.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, Amril Yudani, SKM meminta Pusat pelayanan Kesehatan (Puskesmas/PKM) terdekat untuk mendirikan Posko.

“Tugasnya untuk mendeteksi dini serta memberi pelayanan kesehatan terhadap warga yang terserang Diare dan DBD. Selain itu untuk mendeteksi kesehatan warga serta melakukan upaya dini tindakan pelayanan kesehatan terhadap ancaman bahaya virus dan kuman akibat banjir,” kata Amril.

Amril menghimbau, jika ada warga yang menggunakan sumur untuk keperluan air agar segera menghubungi pihak Puskesmas. Hal itu dilakukan agar pihak Puskesmas menaburkan Kaporit ke sumur tersebut untuk membunuh kuman yang ditimbulkan pasca banjir.

“Jadi kita juga menurunkan tim dari puskesmas masing-masing untuk memantau wilayah-wilayah yang warganya menggunakan air sumur yang terkena banjir. Setelah itu kita upayakan pemberian kaporit,” sambungnya.

Selain itu, ia menyarankan warga agar membersihkan lingkungan serta pekarangan rumah pasca banjir. Termasuk membersihkan lantai-lantai rumah dan lingkungan sekitarnya, agar virus atau kuman yang dapat menimbulkan penyakit seperti diare dan penyakit lainnya tersebut tidak cepat berkembang.

“Jadi jika pelayanan kesehatan sepenuhnya akan di posko Puskesmas,” demikian Amril.

Penulis: Rendra Susanto

Rekomendasi