Sabtu, Juni 25, 2022

Pajak Menara Tak Sumbang PAD akibat Tersandera Perda

Baca selanjutnya

illustrasi
illustrasi

Lebong, kupasbengkulu.com – Hasil rapat evaluasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dilakukan beberapa waktu yang lalu menyebutkan bahwa Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Perhubungan (Disparbudhub) Kabupaten Lebong sebesar Rp 500 juta sama sekali belum terealisasi alias nol besar. Dari sekian item target yang ada, pajak retribusi dari izin menara menjadi salah satu topik pembahasan saat rapat evaluasi.

Hal ini membuat Kepala Disparbudhub Lebong Drs. Aswan angkat bicara. Dirinya mengaku jika pihak Disparbudhub sudah berupaya untuk menemui pihak provider di Jakarta untuk membicarakan pajak menara ini.

Namun, kendala yang ditemui yaitu adanya perbedaan dasar hukum antara UU nomor 28 tahun 2009 dengan Peraturan Daerah (Perda) sehingga pihak perusahaan belum membayarkan retribusi tersebut. Dirinya juga sangat menyayangkan adanya pihak yang terkesan ikut campur.

“Sudah dua kali kita temui pihak provider tersebut, tapi malah ada orang pendapatan yang kembali datang menemui. Ini seolah-olah saya dicurigai tidak bekerja dan tidak percaya,” kata Aswan dengan nada tinggi.

Aswan menjelaskan, dalam UU nomor 28 tahun 2009 tetang pajak retribusi disana disebutkan pengendalian sementara dalam Perda no 5 tahun 2011 disebutkan pemanfaatan. Akibat perbedaan inilah pihaknya belum dapat merealisasikan target PAD dari izin menara ini.

“Pihak perusahan ini sudah mau membayar, namun ya itu kendalanya. Terdapat perbedaan dasar hukum yang membuat perusahaan belum mau membayar,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Aswan, pihaknya akan berusaha untuk merevisi Perda tersebut sehingga pajak izin menara ini dapat terealisasi.

“Beberapa waktu lalu kita sudah bahas Perda ini dengan pihak UNIB Bengkulu yang menghadirkan pakar dari Menkumham. Namun kita masih tunggu hasilnya,” tutup Aswan. (spi)

Selamat Datang Airlangga

Kupas Artikel - Ucok mengangkat telepon dengan nada tergesa-gesa. Ia mungkin sangat terkejut tumben-tumben saya menelpon. “Siap bos” tutur Ucok menyambut telepon saya. Beberapa...

Bengkulu Tuan Rumah Open Swimming Championship 2022 se-Sumatera

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Rohidin Mersyah membuka kejuaraan Bengkulu Open Swimming Championship se Sumatera Tahun 2022 di Kolam Renang Rafflesia Kota Bengkulu, Jum'at...

Wagub Rosjonsyah Terima Kunjungan Eks Gubernur Jabar

Kupas News, Bengkulu - Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah menerima audiensi mantan Gubenur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam rangka investasi di bidang Kopi Bengkulu...

JMSI Apresiasi Kesepakatan Dewan Pers dan Polri Cegah Polarisasi Pemilu 2024

Kupas News, Jakarta – Organisasi perusahaan pers Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) menyambut baik kesepakatan Dewan Pers dan Mabes Polri untuk memitigasi polarisasi yang...

Polemik PT. Pamor Ganda Kian Panas, DPW LIRA dan Perwakilan Masyarakat Temui GTRA Bengkulu

Kupas News, Bengkulu - Konflik warga Ketahuan vs PT Pamor Ganda belum tuntas, Gubernur Rohidin meminta para pihak terkait melakukan validasi data penerima kebun...

Terbaru