Beranda DAERAH Pemerintah Komitmen Dukung Esport Bengkulu

Pemerintah Komitmen Dukung Esport Bengkulu

0
Pemerintah Komitmen Dukung Esport Bengkulu

Rakor pengurus E-Sport Bengkulu, Kamis, 31 Maret 2022, Foto: Dok

Kupas News, Bengkulu – Pemprov Bengkulu melalui dinas teknis bersama jajaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bengkulu menyatakan komitmennya mendukung program keolahragaan atlet-atlet olahraga elektronik (Esport) yang dinaungi Esports Indonesia (ESI) Provinsi Bengkulu.

Hal ini disampaikan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar mewakili Gubernur Bengkulu usai hadir dan membuka Rapat Koordinasi Pengurus Esports Indonesia (ESI) Provinsi Bengkulu Tahun 2022, di Hotel Mercure Kota Bengkulu, Kamis, (31/03/2022).

Dikatakan Khairil, dukungan ini diberikan lantaran diusianya yang baru tahun ke-2, pengurus Esports Bengkulu telah mampu menorehkan prestasi cukup membanggakan. Atlet E-Sport Bengkulu mampu meraih medali perak pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua 2021.

“Memang dari awal pembentukan ESI Provinsi Bengkulu ini Pemprov Bengkulu sangat mensupport. Salah satu bentuk dukungan tersebut kita telah memberikan pinjam pakai untuk sekretariat mereka di GOR Bengkulu serta bentuk bantuan fasilitas lainnya,” jelas Khairil.

Termasuk dukungan pengembangan e-sport untuk kalangan siswa. Dimana olahraga milenial ini akan bekerjasama dengan Dinas Dikbud dan Dispora Provinsi Bengkulu.

Dan yang tidak kalah pentingnya, tambah Khairil, terhadap pengembangan olahraga secara umum di Bengkulu, saat ini di DPRD Provinsi Bengkulu tengah dibahas Perda tentang keolahragaan.

“Kita berharap dengan terbitnya Perda ini nanti, kemajuan olahraga di Bengkulu termasuk di dalamnya ESI Provinsi Bengkulu, kita yakin semakin berkembang,” tutupnya.

Ketua ESI Provinsi Bengkulu Zulkarnain mengatakan, dengan dilaksanakan Rakor Kepengurusan ESI Provinsi Bengkulu, pihaknya menargetkan e-sport Bengkulu berjaya di tingkat nasional bahkan internasional.

Dengan demikian lanjut Zulkarnain, dukungan infrastruktur baik dari pemerintah daerah dan KONI Bengkulu maupun pihak lain sangat dibutuhkan terhadap perkembangan e-sport Bengkulu.

“Rencana kami akan mengusulkan e-sport ini untuk menjadi ekstra kulikuler di sekolah untuk menjaring bibit-bibit unggul,” jelasnya.

Sementara itu, dengan jaringan ESI yang diketahui juga banyak di regional asia bahkan internasional, ESI Bengkulu juga berkomitmen mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan menggelar ajang e-sport dalam waktu dekat.

“Ini salah satu target kami dalam beberapa bulan kedepan, melaksanakan event e-sport tingkat nasional bahkan regional asia. Sehingga bisa mendorong geliat ekonomi melalui sektor wisata dan ekonomi kreatif,” pungkasnya

Editor: Iman Sp Noya